Blogger Widgets

Wednesday, January 23, 2019

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Sistem Informasi Manajemen

Haiiii balik lagi nih dengan Dian xD
Kali ini Dian buka ngeshare tentang drama korea yaa hihi
Udah lama nih Dian ngga ngeshare tentang akuntansi, semoga bermanfaat :)



1.      Organisasi yang bisa merasakan dan merespon lingkungannya secara cepat, akan lebih bisa bertahan lama. Organisasi sebaiknya mengelola manajemen pengetahuan dan informasi dengan baik untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan ke dalam proses bisnis. Jelaskan pernyataan tersebut diatas!
Jawaban :

Ya, menurut saya organisasi memang sebaiknya harus mengelola manajemen pengetahuan dan informasinya dengan baik guna meningkatkan kemampuan pengetahuan ke dalam proses bisnis, dan jika organisasi sudah bisa mengelola dan meningkatkan manajemen pengetauhuannya, organisasi tersebut bisa merasakan dan merespon lingkungan secara cepat, sehingga organisasi tersebut bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada dilingkungannya secara cepat dan menyebabkan organisasi tersevut bisa bertahan lebih lama.

2.      Di dalam sistim pendukung pengambilan keputusan diperlukan elemen-elemen untuk memecahkan masalah. Sebutkan elemen-elemen pemecahan masalah tersebut!
Jawaban :
Elemen – elemen pemecahan masalah :
v  Permasalahan
v  Desired state (situasi yang diinginkan) standar
v  Current state (situasi saat ini) informasi
v  Pemecah masalah (manajer)
v  Adanya solusi alternatif dalam memecahkan masalah
v  Adanya batasan
v  Solusi

3.      Berikan satu contoh masalah rutin yang dapat diatas dengan menggunakan keputusan terprogram (programmed decision)!
Jawaban :
Contoh masalah rutin yaitu disuatu perusahaan tepatnya di bagian produksi barang, biasanya banyak barang yang cacat atau rusak atau bisa dibilang barang yang kurang sempurna, ini merupakan masalah rutin yang biasa dialami oleh perusahaan manufaktur, karena pasti ada saja kecelakaan yang membuat barang tersebut cacat. Dan karena ini masalah rutin, perusahaan sudah biasa mengatasinya dengan keputusan yang terprogram yaitu keputusan yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. Dengan adanya keputusan yang terprogram itu, perusahaan dapat mengatasi barang cacat tersebut, barang cacat tersebut bisa dijual dengan harga jual yang murah untuk menutupi kerugian yang ada, atau barang tersebut bisa digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan tergantung barang yang diproduksi, dan masih banyak lagi keputusan yang terprogram untuk mengatasi masalah rutin tersebut.

4.      Pilihan etis adalah keputusan yang diambil oleh individu yang bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan-tindakannya. Berikan 1 contoh masalah individu yang dapat diatasi dengan tindakan etis yang penuh tanggung jawab!
Jawaban :
Satu contoh masalah individu yaitu seperti mabuk internet yaitu seseorang yang ketagihan atau tidak bisa lepas dari internet, dan hal tersebut sangat tidak etis bagi individu, oleh sebab itu individu harus bisa mengatasi hal tersebut dengan bertindak etis seperti memanfaatkan internet sesuai kebutuhan saja, jangan memakai internet berlebihan, dan kita harus mempertimbangkan dampaknya yang akan berimbas kepada kita, karena selain bisa meracuni otak kita dengan informasi-informasi yang ada diinternet, melihat layar handphone/computer juga bisa merusak penglihatan kita.

5.      Perusahaan komunikasi memanfaatkan teknologi informasi untuk merampingkan satuan kerjanya. Apa pengaruh merampingkan satuan kerja terhadap dilema etika.
Jawaban :
Ya, merampingkan satuan kerja sangat berpengaruh terhadap dilema etika. Sebelum itu, dilema etika merupakan suatu situasi yang dihadapi oleh seseorang dimana ia harus membuat keputusan tentang perilaku seperti apa yang tepat untuk dilakukannya. Dengan adanya perampingan satuan kerja akan berpengaruh terhadap perilaku pimpinannya harus bersikap seperti apa kepada bawahannya karena perampingan satuan kerja akan membuat beberapa karyawannya harus di phk, dan perampingan satuan kerja juga berpengaruh terhadap perilaku karyawannya yang bingung harus menanggapi hal tersebut seperti apa.

6.      Kejahatan computer yaitu kegiatan penggunaan computer untuk melakukan tindakan illegal. Berikan  4 buah sampel fakta tentang kejahatan computer.
Jawaban :
a.       Illegal Access adalah pencurian data penting dengan cara mengakses sistem komputer secara tidak sah yang bertujuan untuk mengambil data komputer.
b.      Data Forgery (Pemalsuan Data) adalah membuat data palsu atas dokumen-dokumen penting yang tersimpan.
c.       Spionase Cyber atau dalam istilah lain adalah mata-mata. Pelaku menggunakan jaringan internet untuk memata-matai pihak lain yang menjadi sasaran. Caranya adalah dengan memasuki sistem jaringan komputer sasaran.
d.      Data Theft adalah pencurian data perusahaan untuk digunakan sendiri atau diberikan pada pihak lain.
e.       Phising adalah bentuk kejahatan ini melalui email. Orang yang menjadi sasaran akan diminta untuk men-download suatu security software atau jenis software menarik lain. Pelaku menawarkan software secara gratis yang dalam promosinya disebutkan bisa bermanfaat tapi sesungguhnya itu adalah virus yang akan merusak sistem komputer Anda.

7.      Virus adalah program yang bersifat merusak yang mengganggu fungsi normal sistem computer. Sebutkan jenis-jenis virus computer yang anda kenal. (minimal 4 jenis)
Jawaban :
a.       Virus Trojan yaitu program perangkat lunak yang awal kemunculannya jinak kemudian berubah menjadi sesuatu yang tidak diharapkan.
b.      Virus worms yaitu program independen yang menggandakan dirinya sendiri dari satu computer ke computer lain melalui sebuah jaringan.
c.       Virus Memory Resident yaitu jenis virus komputer yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM.
d.      FAT Virus atau File Allocation Table Virus yaitu sejenis virus komputer yang mempunyai kemampuan untuk merusak file yang ada pada perangkat komputer kita.
e.       Multipartite Virus yaitu jenis virus komputer yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM yang kemudian akan menginfeksi sistem operasi tertentu lalu setelah itu merambah kebagian hardisk.

8.      Jelaskan pengertian problem solving dan pengertian decision making!
Jawaban :
v  Problem solving adalah sebuah tindakan untuk mendefinisikan suatu masalah, menentukan penyebab masalah, mengidentifikasikan dan memilih berbagai alternatif untuk solusi, serta mengimplementasikan solusi tersebut. Problem solving terdiri atas respons terhadap hal yang berjalan dengan baik, serta terhatdap hal yang berjalan dengan buruk dengan cara mendefinisikan masalah (problem).
v  Decision making adalah tindakan memilih diantara berbagai alternatif solusi pemecahan masalah. Keputusan (decision) didefinisikan sebagai tindakan pilihan dan sering kali diperlukan untuk mengambil banyak keputusan dalam proses pemecahan satu masalah saja.



Yang mau download soal diatas dalam bentuk dokumen bisa klik link dibawah ini..
Link Download

No comments:

Post a Comment