Blogger Widgets

Thursday, February 20, 2020

Contoh Soal dan Jawaban Mata Kuliah Perilaku Organisasi

Contoh Soal dan Jawaban Mata Kuliah Perilaku Organisasi


   1. Jelaskan beberapa bidang ilmu yang membentuk ilmu perilaku organisasi dan bagaimana kontribusinya terhadap ilmu tersebut?
Jawaban :
a.  Psikologi (psychology) adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengukur, menjelaskan, dan terkadang mengubah perilaku manusia dan makhluk lain. Psikologi telah memberikan konstribusi dan terus menambah pengetahuan PO adalah teoritikus pengetahuan, teoritikus kepribadian, psikolog konseling, dan yang terpenting, psikologi industri dan organisasi.

b.   Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia dalam kaitannya dengan lingkungan sosial dan kultur mereka. Sosiologi telah memberikan konstribusi untuk penelitian tentang kultur organisasi, struktur dan teori organisasi formal, teknologi organisasi, komunikasi, kekuatan, dan konflik.
c.      Antropologi (anthropology) adalah studi kemasyarakatan untuk mempelajari manusia dan aktivitas – aktivitas mereka. Antropologi telah memberikan kontribusi untuk memahami perbedaan dalam nilai – nilai fundamental, sikap, dan perilaku di antara individu di negara dan dalam organisasi yang berbeda – beda.
d.    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ilmu ekonomi telah memberikan kontribusi dalam manajemen rumah tangga.
e.     Ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Ilmu sejarah telah memberikan kontribusi meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.
f.      Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisa sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini telah memberikan kontribusi dalam orientasi akademis, teori, dan riset.

      2. Apa pentingnya mempelajari perilaku organisasi?
Jawaban :
a.    Memahami perilaku yang terjadi dalam organisasi baik itu perilaku individu maupun perilaku kelompok.
b.    Setelah memahami perilaku dalam sebuah organisasi, kita bisa meramalkan hal-hal apa saja yang bisa terjadi di masa yang akan datang, seperti konflik.
c.     Dapat mengendalikan perilaku-perilaku yang terjadi dalam organisasi. Contohnya, jika terjadi masalah dalam organisasi, kita mampu memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.

      3. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam proses motivasi? Mengapa teknik memotivasi harus dikaitkan dengan karakteristik individu yang dimotivasi?
Jawaban :
a.       identifikasi atau apresiasi kebutuhan yang tidak memuaskan
b.      menetapkan tujuan yang dapat memenuhi kepuasan
c.       menyelesaikan suatu tindakan yang dapat memberikan kepuasan
d.      karakteristik individu
Ya, teknik memotivasi harus dikaitkan dengan karakteristik individu yang dimotivasi karena jika memotivasi seseorang kita harus mengetahui karakteristik individu orang tersebut terlebih dahulu, karena jika orang tersebut memiliki karakteristik yang keras, kita pun juga harus memotivasi dia dengan cara kekerasan juga, jika tidak mungkin saja motivasi tersebut akan sia-sia karena tidak sama sekali berpengaruh terhadap orang tersebut. Dan jika seseorang memiliki karakteristik yang baik dan lembut, kita juga harus memotivasi dia dengan cara yang baik agar dia tidak marah atau tersinggung.

      4. Apa saja karakteristik individu yang mempengaruhi perilaku organisasi?
Jawaban :
Karakteristik individu berdasarkan biografis :
a.       Umur/usia
b.      Jenis kelamin
c.       Status kawin
d.      Banyaknya tanggungan
e.       Masa kerja
Karakteristik individu berdasarkan kemampuan :
a.       Kemampuan intelektual
b.      Kemampuan fisik
c.       Kesesuaian pekerjaan – kemampuan
Karakteristik individu berdasarkan kepribadian :

     5. Pengambilan keputusan manajerial membutuhkan proses yang berbeda dari keputusan individu? Jelaskan perbedaannya!
Keputusan Individu
Keputusan Manajerial
1.      Diputuskan berdasarkan keputusan sendiri
2.      Kurangnya informasi yang diperoleh
3.      Lebih banyak resiko yang mungkin akan diperoleh
4.      Pengambilan keputusan cenderung lebih cepat
1.      Diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama
2.      Banyaknya informasi yang diperoleh
3.      Lebih sedikit resiko yang mungkin akan diperoleh
4.      Pengambilan keputusan cenderung lebih lama karena harus menampung banyak pendapat


***************
Yukkk yang mau download dalam bentuk dokumen bisa klik link dibawa ini ...

No comments:

Post a Comment