Blogger Widgets

Thursday, February 20, 2020

Contoh Soal dan Jawaban Teori Akuntansi

   1. Apa yang dimaksud dengan kerangka konseptual dan apa manfaatnya ?
Jawaban :
Menurut Weygant (2007), kerangka konseptual merupakan suatu set konsep yang menjadi dasar dari seperangkat peraturan dan standar akuntansi yang saling berhubungan dan menjadi referensi bagi praktisi akuntansi dalam memecahkan masalah-masalah dalam pelaporan. Sedangkan menurut Stamfoard, kerangka konseptual merupakan sebuah konstitusi, sebuah sistem koheren dari tujuan dan asas yang saling berhubungan yang dapat mengarah kepada standar yang konsisten dan menentukan sifat, fungsi dan batasan dari akuntansi keuangan dan laporan keuangan.


Manfaat kerangka konseptual :
a.       Memberikan dasar yang konsisten
b.      Meskipun tidak dapat memecahkan semua problem, tetapi bisa memperbaiki dalam pembuatan laporan keuangan.
c.       Untuk penyusunan standar
d.      Untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak dibahas di SAK dengan menggunakan kerangka konseptual.

     2. Jelaskan apa relevansinya mengapa akuntan perlu memahami teori pasar efisien ?
Jawaban :
Karena akuntan bertugas memberikan informasi laporan keuangan untuk pengambilan keputusan, sedangkan pasar merespon perubahan metode akuntansi yang ditetapkan karena dapat mempengaruhi laba perusahaan yang bertujuan untuk menentukan harga saham. Perubahan metode terdapat di annual report di pengungkapan. Oleh sebab itu, akuntan perlu memahami teori pasar efisien agar dapat memberikan informasi laporan keuangan yang relevan dan dapat diandalkan bagi para pengguna laporan keuangan agar dapat membuat keputusan yang tepat.

     3.      A.  Jelaskan definisi pendapatan menurut IAI
Jawaban :
Menurut PSAK No. 23 paragraf 06 Ikatan Akuntan Indonesia (2010;23.2), menyatakan bahwa pendapatan adalah arus kas masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal perusahaan selama suatu periode bila arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.

B.  PT Medica equipment menjual peralatan laser untuk rumah sakit. Produk tersebut sangat sukses pada saat percobaan. Karena ketidakpastian akan produk tersebut PT.Medika Equipment menjamin rumah sakit yang membeli produk tersebut mempunyai hak mengembalikan produk tersebut dan menerima penggantian penuh dalam jangka waktu 9 bulan setelah pembelian. 
Pertanyaan : 
Kapan seharusnya PT. medika equipment mengakui adanya pendapatan penjualan peralatan Laser tersebut ?
Jawaban : 
PT. Medika Equipment seharusnya mengakui adanya pendapatan penjualan pada saat periode retur selesai, yaitu ketika sudah lewat dari 9 bulan setelah pembelian, sebab resikonya sangat besar, karena bisa saja selama tenggat waktu pembeli meretur 100% peralatan laser tersebut atau selama tenggat waktu peralatan laser rusak dan perusahaan wajib menggantinya.

C.     PT. ABC melakukan penjualan barang ke PT.XYZ pada tanggal 26 Desember 2012. Dengan syarat penjualan FOB destination. Dikarenakan PT.XYZ berlokasi di Kalimantan maka diperkirakan pengiriman barang akan memakan waktu 8 hari. Jelaskan kapan PT.ABC mengakui adanya pendapatan ?
Jawaban :
            PT. ABC dapat mengakui adanya pendapatan pada saat barang tersebut sampai di tempat pembeli di PT. XYZ yaitu sekitar 8 hari dari tanggal 26 Desember 2012 yaitu 3 Januari 2013. Karena dengan syarat FOB destination, proses jual beli baru akan selesai setelah barang sampai di gudang atau di tangan pembeli, sehingga jika masih dalam perjalanan segala tanggung jawab atas barang tersebut masih menjadi tanggung jawab si penjual.

      4.      a. Jelaskan karakteristik biaya menurut IAI
Jawaban :
Menurut IAI, terdapat dua karakteristik penting yang melekat pada makna biaya yaitu:
1.      Aliran keluar atau penurunan asset (outflow of assets, gross decreases in assets, decreases in economic benefits, using up of assets, consumption of assets, use of economic services, expired costs, applicable costs to current period).
2.      Akibat kegiatan yang membentuk operasi utama yang menerus (ongoing major operations, profit-directed activities, for the purpose of generating revenues, creation of revenues, earning activities).
Selain dua karakteristik utama diatas, terdapat karakteristik lain yang bersifat sebagai konsekuensi, pendukung, atau penjelas. Karakteristik pendukung diantaranya :
1.      Kenaikan Kewajiban
2.      Penurunan Ekuitas

b. Jelaskan apa yang maksud dengan pembebanan biaya atas dasar rasional dan sitematis, pembebanan dengan segera dan hubungan sebab akibat serta berikan contoh aplikasi dalam akuntansi pembebanan biaya menurut ketiga hal tersebut
Jawaban :
·       Pembebanan biaya atas dasar rasional dan sistematis merupakan proses penandingan dengan periode sebagai penakar pendapatan dan biaya. Proses ini sering disebut penandingan perioda (period matching).
Contoh aplikasi dalam akuntansi yaitu apabila manfaat cost suatu aktiva lebih dari satu periode, maka cost tersebut dialokasikan secara sistematis pada periode yang menikmati manfaat tersebut. Depresiasi aktiva tetap merupakan contoh alokasi sistematis. Masalah yang sering muncul dalam alokasi ini adalah banyaknya metode alokasi yang dapat digunakan dalam proses alokasi cost. Depresiasi dapat menggunakan metode alokasi seperti garis lurus, ouput produksi, jumlah angka angka tahun dan sebagainya.

·         Pembebanan dengan segera yaitu apabila tidak ada alasan yang kuat untuk membebankan cost atas dasar hubungan sebab akibat ataupun alokasi sistematis dan rasional, maka cost langsung dapat dibebankan pada periode terjadinya. Alasan yang melandasi pembebanan dengan cara ini adalah kepraktisan.
Contoh aplikasi dalam akuntansi yaitu misalnya, pencatatan terhadap biaya advertensi. Cost yang dikeluarkan untuk kegiatan advertensi sulit untuk dihubungkan dengan pendapatan atas dasar hubungan sebab akibat. Di samping itu, cost tersebut kemungkinan memiliki manfaat lebih dari satu periode akuntansi. Namun demikian, karena manfaat tersebut sulit untuk diukur, pembebanan atas dasar alokasi sistematis juga tidak dapat dilakukan dengan tepat. Konsumen mungkin saja membeli produk perusahaan karena dipengaruhi oleh advertensi yang diketahui beberapa tahun yang lalu. Jadi, karena manfaat tersebut tidak dapat diukur dengan tepat, maka cost advertensi dibebankan langsung sebagai biaya. Pembebanan ini berlaku juga untuk cost penelitian dan pengembangan.

·         Hubungan sebab akibat merupakan upaya dalam rangka mendapatkan capaian berupa pendapatan. Ini berarti ada hubungan sebab-akibat antara biaya dan pendapatan.

Contoh aplikasi dalam akuntansi yaitu cost harus dihubungkan dengan pendapatan yang direalisasi selama periode tertentu atas dasar korelasi positif yang dapat dilihat hubungannya antara cost tersebut dengan pendapatan yang diakui. dasar penandingan ini sering disebut dengan penandingan langsung (director or product matching). Contoh dari biaya yang dapat ditandingkan dengan dasar penandingan langsung adalah biaya komisi penjualan, gaji dan upah, serta cost barang terjual (cost of goods sold).


5. a. Jelaskan dengan apa yang dimaksud dengan laba akuntansi !
Jawaban :
Menurut Belkaoui (2007:213), Laba Akuntansi secara operasional didefinisikan sebagai perbedaan pendapatan yang direalisasikan dan transaksi yang terjadi selama satu periode dengan biaya yang berkaitan dengan pendapatan tersebut.

      b. Jelaskan keunggulan laba akuntansi dan jelaskan pula keterbatasannya!
Jawaban :
Menurut Belkaoui (2007:230), beberapa keunggulan dan keterbatasan laba akuntansi adalah :
Keunggulan Laba Akuntansi:
1.      Laba Akuntansi masih bermanfaat membantu pengambilan keputusan ekonomi.
2.      Dapat diuji kebenarannya karena didasarkan pada transaksi atau fakta aktual yang didukung bukti objektif.
3.      Memenuhi kriteria konsevatisme artinya laba akuntansi tidak mengakui perubahan nilai tapi hanya mengakui laba yang direalisasi.
4.      Masih dipandang bermanfaat untuk tujuan pengendalian terutama pertanggungjawaban.

Keterbatasan Laba Akuntansi:
1.      Laba Akuntansi gagal mengakui kenaikan nilai aset yang belum direalisasi  dalam suatu periode karena prinsip biaya historis dan prinsip realisasi.
2.      Laba Akuntansi yang didasarkan pada prinsip biaya historis mempersulit perbandingan laporan keuangan karena adanya perbedaan metode perhitungan cost dan metode alokasi.
3.      Laba Akuntansi didasarkan pada prinsip realisasi, biaya historis, dan konservatisme dapat memaksimalkan menghasilkan data yang menyesatkan dan tidak relevan.

6.  Jelaskan bagaimana earnings management dapat mengurangi kualitas laba dan apakah praktik earnings management merugikan pengguna laporan keuangan ?
Jawaban :
Praktik earnings management yang dilakukan oleh manajemen perusahaan akan mempengaruhi kualitas laba perusahaan. Karena manajemen laba akan membuat laba yang disajikan dalam laporan keuangan tidak relevan dan tidak mempresentasikan kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Informasi laba didalam laporan keuangan harus berkualitas sebab informasi laba tersebut akan dijadikan salah satu alat ukur suatu perusahaan dan akan membantu para investor dalam pengambilan keputusan investasi.
Iya, manajemen laba akan merugikan pengguna laporan keuangan karena baik kreditur maupun investor menggunakan laba untuk mengevaluasi kinerja manajemen, memperkirakan earnings power dan untuk memprediksi laba dimasa yang akan datang, jika laba yang disajikan dalam laporan keuangan tidak mempresentasikan kondisi keuangan perusahaan sesuai dengan faktanya maka penilaian pengguna laporan keuangan akan salah dan berakibat menimbulkan kerugian. Dan jika laba yang terlalu besar akibat manajemen laba oleh manajer mengakibatkan para investor dan kreditor sering melakukan kesalahan dalam pengambilan keputusan.  

 ********
Yang mau download dalam bentuk dokumen bisa klik link dibawah ini ...


No comments:

Post a Comment